Wednesday, 6 December 2017

Sistem Pendingin Motor Bakar

Kegunaan pendinginan
  1. Menyarap panas pada bagian-bagian motor sehingga mengurangi keausan dan kerusakan.
  2. Untuk mendapatkan temperatur kerja motor yang tepat dan merata
Macam-macam sistem pendingin

Pendinginan udara

Pendingin udara

Cara kerja

Panas yang ditimbulkan oleh motor dipindahkan ke udara luar. Untuk meningkatkan efisiensi pendinginan permukaan bidang pendinginan diperluas dengan sirip-sirip.

Digunakan pada
  • Kebanyakan sepeda motor, motor-motor unit kecil.
  • Mesin VW lama, Deutch Diesel.
Sifat-sifat yang menonjol
  • Konstruksi sederhana
  • Suara motor keras akibat getaran sirip-sirip
  • Pendinginan tidak merata
  • Jarang ada gangguan 

Pendinginan air sirkuit pompa

Pendingin Air. 
  1. Air pada rongga-rongga blok motor dan kepala silinder menyerap panas motor
  2. Air pendingin yang panas disalurkan ke radiator melalui slang bagian atas
  3. Radiator memindahkan panas ke udara luar
  4. Kipas menjamin aliran udara yang melewati radiator
  5. Air pendingin kembali ke motor melalui slang bagian bawah
  6. Pompa air membangkitkan sirkulasi air
  7. Termostat mengatur aliran air ke radiator agar temperatur motor tetap ( » 80°C )
Sifat-sifat yang menonjol
  • Pendinginan lebih merata dibanding pendingin dengan udara
  • Temperatur kerja motor tetap
  • Gangguan lebih sering terjadi dan kemungkinannya lebih banyak ( seperti : bocor, pompa air rusak, dsb ).

0 komentar:

Post a Comment